Menu

bisnis kangen water

cara menjalankan bisnis kangen water

Memilih botol plastik yang aman untuk menyimpan kangen water

Kualitas botol plastik berbeda-beda tergantung jenisnya

deskripsi lengkap mengenai jenis-jenis botol platik yang aman digunakan untuk menyimpan air kangen water

Banyak orang yang mulai peduli dengan plastik akhir-akhir ini. fakta bahwa hidup manusia saat ini salah satunya sangat tergantung pada keberadaan plastik. berikut penjelasan mengenai plastik.

Apa itu plastik?

plastik adalah material yang terbuat dari resin. resin adalah sebuah substansi yang lengket yang dibentuk dengan bahan utamanya yaitu hidro karbon yang baik diambil dari tanaman seperti pada getah pohon ataupun dibuat secara sintetis. sifat bahan ini lengket jika dalam keadaan cair dan mereka akan menjadi transparan ketika dikeraskan. plastik sintetis biasanya dibuat dengan zat kimia berbasis petroleum.

Apa hubungan antara plastik dan mesin ionisasi air alkali kangen water?

sebuah pertanyaan yang bagus. banyak orang yang minum air alkali kangen water dari botol plastik ataupun menyimpannya dalam wadah plastik. selain itu mesin ionisasi air kangen water pun memiliki selang yang bahannya terbuat dari plastik untuk mentransportasikan air dari keran masuk ke dalam mesin kangen water.
 
 Mesin kangen water hanya menggunakan bahan plastik yang aman
 
 enagic sebagai perusahaan pembuat mesin kangen water hanya menjual mesin kangen water yang menggunakan plastik yang aman. point ini salah satu hal yang penting jika anda sedang memilih untuk membeli mesin ionisasi air alkali yang aman dan mesin kangen water adalah salah satu pilihan yang terbaik yang ada saat ini karena standar keamanan dan kontrol kualitasnya yang tinggi.
 
Akan tetapi yang paling harus anda perhatikan disini adalah penggunaan botol plastik yang anda gunakan untuk menyimpan air alkali kangen water setelah diproduksi melalui kangen water ionizer. sebenarnya botol berbahan plastik sendiri tidak dikategorikan efektif dalam menyimpan dan menjaga air alkali kangen water. bahan yang paling bagus dalam menyimpan kangen water adalah botol yang terbuat dari kaca untuk menjaga ketahanan air kangen water dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.


apa jenis plastik yang tidak aman itu?

jika digunakan secara benar maka kebanyakan plastik dikategorikan aman, namun jika yang berkenaan dengan proses penyimpanan makanan dan hal apapun yang nantinya dikonsumsi dan yang masuk ke dalam tubuh manusia maka wadah plastik bisa memiliki potensial resiko terhadap kebocoran zat kimia berbahaya yang bisa masuk ke dalam makanan dari bahan-bahan yang terbuat plastik tersebut. secara khusus, tingkat bahaya dari botol plastik akan meningkat jikalau anda memanaskan botol atau wadah plastik tersebut.

Berikut ini merupakan sebuah kutipan yang bagus yang diperoleh dari WebMD.com yaitu sebuah situs medis ilmiah independent dimana banyak ahli kesehatan memberikan kontribusinya dalam menulis artikel-artikel seputar dunia kesehatan pada website ini:

"Pada hakekatnya semua material dalam pengemasan makanan mengandung substansi yang dapat bermigrasi masuk ke dalam makanan ketika mereka mengalami kontak atau sentuhan dengan makanan tersebut. memanaskan makanan menggunakan plastik tampaknya akan meningkatkan merembesnya zat kimia dari plastik masuk ke dalam makanan. migrasi atau perpindahan zat pada plastik juga akan meningkat jika plastik bersentuhan dengan makanan yang berminyak atau berlemak, makanan asin dan banyak mengandung garam, serta makanan yang bersifat asam."

Beberapa jenis plastik jauh lebih berbahaya dibandingkan yang lainnya dikarenakan zat kimia yang digunakan untuk untuk membuat jenis plastik khusus tersebut. saya telah menuliskan sisa dari artikel ini yang mendeskripsikan berbagai jenis plastik, tingkat keamanan penggunananya, serta bahan plastik jenis apa yang dikategorikan aman untuk digunakan menyimpan air kangen water.

Tips dalam menggunakan dan membersihkan plastik secara aman dan bebas racun

1. cucilah plastik dengan deterjen yang sedang dan jangan digosok
2. bilaslah dengan air yang bersih kemudian rendam dengan air yang memiliki ph yang rendah dan bersifat asam untuk sanitasi
3. jangan panaskan makanan di dalam kontainer, kotak, atau lapisan pembungkus yang terbuat dari plastik
4. hanya gunakan jenis plastik nomor 1, 2, 4 dan 5 (pada list dibawah) untuk menyimpan makanan kecuali jika kontainer plastik tersebut memiliki stempel NSF atau telah disertifikasi sebagai food grade.
5. gunakan wadah berbahan gelas ketimbang plastik sebisa mungkin jika anda ingin menyimpan makanan atau minuman.
6. buang kontainer plastik jika kelihatannya wadah plastik tersebut sudah rusak, tergores, berubah warna atau sudah usang (anda bisa mendaur ulangnya jika memungkinkan)
7. sebagai catatan sampingan, peringatan yang spesifik telah dibuat untuk peringatan terhadap peyimpanan makanan dan minuman yang bersifat asam menggunakan kontainer berbahan plastik.


Jenis-jenis plastik dan tingkat keamanannya

Terdapat kode segitiga pada botol plastik untuk mengetahui tingkat keamanannya serta untuk mengetahui apakah ia dapat didaur ulang atau tidak, berikut keterangan masing-masing kode segitiga tersebut

1. PET

PET atau PETE adalah singkatan dari polyethylene terphthalate, yang tipis, ringan, kuat dan bening. bahan dari pet ini cenderung aman untuk menyimpan cairan. botol plastik yang dibuat menggunakan PET tidak direkomendasikan untuk digunakan berulang kali alias bahan ini hanya sekali pakai saja dikarenakan tak ada studi yang cukup untuk menentukan apakah botol plastik berjenis ini aman untuk digunakan berulangkali. botol plastik pet ini mudah remuk dan tergores dimana hal ini dapat menjadi sebuah sumber untuk berkembangbiaknya bakteri. botol plastik jenis ini tidak bisa dibersihkan menggunakan air panas, dan untuk membersihkannya akan teramat sangat sulit. saya tidak menyarankan anda untuk menggunakan PET botol untuk menyimpang kangen water dikarenakan botol plastik jenis ini berpori hingga bergas sehingga kandungan orp atau antioksidan dari kangen water jika disimpan dalam botol plastik jenis ini maka akan mudah sekali hilang. namun jikalau anda ingin menyimpannya hanya sebentar saja kurang dari satu jam maka boleh saja. Botol plastik jenis PET ini mudah untuk didaur ulang.

FDA menyetujui penggunaan botol jenis PET ini diantaranya untuk wadah penyimpanan: soft drinks, air, air jenis lainnya, saos, jelly, selai kacang dan salad dressing.


2. HDPE

HDPE adalah singkatan dari high density polyethylene yang merupakan plastik tak tembus cahaya dan sangat kuat. hdpe bagus untuk botol penyimpanan air dikarenakan ia dikenal tidak membocorkan zat kimia berbahaya masuk ke dalam air. hdpe ini lebih keras dan lebih tidak berpori jika dibandingkan dengan PET, namun jika dibandingkan dengan bahan dari gelas maka hdpe masih lebih berpori. hdpe juga mudah untuk didaur ulang.

FDA menyetujui penggunaan hdpe dalam susu, jus, yoghurt, margarine dan wadah penyimpanan air. dikarenakan hdpe memiliki fitur keamanan yang cukup bagus maka ia juga biasanya digunakan sebagai wadah penyimpanan zat kimia dan deterjen.


3. PVC

pvc merupakan singkatan dari polyvinyl chloride yang tidak aman sebagai wadah penyimpanan botol air. ia memiliki potensi yang tinggi dalam membocorkan toksin (contohnya DEHA, timbal, dioksin, dll) ke dalam makanan dan minuman. beberapa cling warp dibuat menggunakan pvc. anda sebaiknya jangan pernah membungkus makanan yang dilapisi dengan cling wrap atau dalam sebuah pvc container. kontainer dari pvc tidak mudah untuk didaur ulang dikarenakan bahaya yang ditimbulkan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

FDA mengizinkan penggunakan pvc untuk pembungkus makanan atau shrink wrap, kontainer untuk minyak memasak dan selai kacang. penggunaan lain selain dari makanan adalah untuk pipa vinyl, tirai kamar mandi, bahan untuk lantai dan papan.

CPVC: jangan bingung antara pvc dan cpvc. cpvc telah disetujui untuk digunakan pada alat keperluan rumah tangga, dan ia dikatakan aman untuk digunakan sebagai wadah penyimpanan air dan water supply. cpvc tidak dapat didaur ulang.


4. LDPE

ldpe adalah singkatan dari low density polyethylene, dimana bahan ini tidak terlalu aman, namun juga bukan merupakan pilihan yang umum untuk wadah penyimapan air. penggunaan umum dari ldpe ini biasanya digunakan untuk kantong roti atau kantong makanan lainnya, kantong sayuran, beberapa shrink wraps dan untuk squeeze bottles. ia tidak membocorkan zat kimia dan ia sulit untuk didaur ulang.

 
5. PP
 
PP merupakan singkatan dari polypropylene yang sangat kuat dan dikenal tidak membocorkan zat kimia berbahaya jadi ia aman untuk penyimpanan makanan. plastik PP tak mudah untuk didaur ulang  seperti PET atau HDPE.

FDA menyetujui penggunaan plastik pp untuk wadah penyimpanan makana, bahkan untuk hal-hal lain yang sulit seperti wadah untuk menyimpan cairan panas, membuat tutup botol yang dapat diputar dengan tepat ke dalam botol. PP juga digunakan untuk membuat kontainer yang butuh untuk dipanaskan atau diinkubasi seperti yoghurt. PP juga disetujui untuk kontainer take out food dan sedotan limun.


6. PS

PS adalah singkatan dari polystyrene, yang entah sangat keras dan kaku atau dapat diregangkan (EPS) untuk menghasilkan kualitas foam. kontainer dari PS tidak disarankan untuk digunakan sebagai botol penyimpanan air alkali. ia memiliki kandungan beracun, agen penyebab kanker dalam produksinya dan tidak dapat didaur ulang.

FDA menyetujui penggunaan plastik PS seperti pada karton telur, wadah daging, gelas kopi yang disposable dan beberapa peralatan meja. selain itu digunakan juga untuk peralatan non makanan, penggunana plastik foam, pengemasan kacang, gantungan.

7. Lain-lain

plastik ini adalah jenis lainnya (biasanya berbahan polycarbonate) adalah plastik yang dibuat dari beberapa jenis resin yang dicampur bersama-sama atau tipe resin yang tidak umum lainnya. plastik jenis ini tidak bisa didaur ulang. saya telah mendaftarkan beberapa plastik dalam kategori seperti di bawah ini

PC, plycarbonates dilist sebagai plastik nomor 7. ia bening, dan kuat. tipe ini berbahaya jika tidak ada label BPA-Free.

FDA menyetujui penggunaan polycarbonate untuk: botol minum bayi, microwave ovenwar, kontainer makanan untuk restoran, peralatan makan, pembungkus plastik untuk kaleng metal, pastikan anda membaca BPA-free jika anda membeli plastik jenis ini. BPA, alias biphenyl-A dikembangkan sebagai bentuk dari estrogen sintetis. ia dapat menganggu hormon dan dapat mengakibatkan kanker payudara.

SAN adalah singkatan dari styrene acrylonitrile, yang baik dikarenakan ia tahan terhadap panas. SAN diberi label plastik nomor 7, namun tidak seperti bahan dari polikarbonat, SAN tidak membocorkan toksin. plastik SAN dikategorikan aman untuk wadah penyimpanan air. biasanya cawan air dibuat menggunakan SAN

Acrylics: plastik akrilik bpa free juga dikategorikan pada nomor 7 dan dikatakan aman.

Diantara list plastik ang dibuat dari bahan polikarbonat dan resiko mengandung BPA adalah pada botol air minum.


Apa itu BPA?

BPA adalah zat kimia hasil sampingan yang dilepaskan oleh beberapa plastik yang disebut polikarbonat dan ditemukan tidak aman. studi telah menghubungkan bpa ini pada gangguan hormon pada tikus dan monyet. hormon seperti estrogen dbiutuhkan dalam jumlah yang seimbang untuk alasan kesehatan. ada juga klaim yang menyatakan potensial resiko terhadap diabetes, gangguan ginjal, dan penyakit jantung. tidak semua polikarbonat tidak aman. ada yang diberi label BPA free dan dikatakan aman. anda akan tahu jika plastik dibuat dari polycarbonate pada label yang dituliskannya. singkatan dari PC adalah untuk menunjukkan jika plastik tersebut dibuat dari polycarbonate. PC diberi label nomor 7, namun tidak semua jenis plastik nomor 7 adalah PC (polycarbonate).


Siapa yang mengevaluasi plastik?

FDA

FDA (Food & Drug Administration): fda tidak memberikan persetujuan terhadap apapun juga, ia memberikan petunjuk mengenai tingkat keamanan plastik. penggunaannya telah dituliskan di artikel ini.

NSF
 
NSF (National Sanitation Foundation) menentukan standar untuk tingkat keamana dan menawarkan sertifikasi. produk dapat disertifikasi NSF sebagai "safe" atau aman. jadi anda bisa melihat label NSF ini pada botol plastik atau kemasan plastik yang anda beli, jika ada berarti bagus dan aman.

 
Nomor daur ulang plastik

ada nomor-nomor tertentu yang berada di bawah kontainer plastik yang biasnya dilingkari dengan bentuk segitiga recycle, yang menunjukkan tipe resin yang digunakan untuk membuat plastik tertentu. beberapa angka menunjukkan plastik yang tidak bagus digunakan untuk didaur ulang dikarenakan resin tersebut mengalami perubahan permanen dalam proses produksinya dan karenanya plastik tersebut tak dapat dibentuk menjadi bentuk lainnya. beberapa resin memiliki resiko yang besar terhadap kesehatan dibandingkan tipe plastik lainnya.

Kesimpulan

Jika anda membeli botol plastik untuk digunakan dalam menyimpan air kangen water anda pastikan gunakan jenis botol plastik yang aman dan BPA-free serta mendapat persetujuan dari NSF.